Social Icons

Pages

Senin, 29 September 2014

Cara Membuat Menu Page di Wordpress

Seperti yang kita ketahui bahwa WordPress tidak bisa membuat menu page yang apabila diklik akan langsung menuju ke suatu situs tertentu. Biasanya untuk membuat link yang letaknya di halaman wordpress, kita harus mengisi halaman tersebut dengan content, lalu content tersebut dibuat link untuk menuju ke situs yang diinginkan. Padahal lebih praktis apabila user mengklik nama halaman, maka secara otomatis akan menuju ke suatu website tertentu. Oke cukup penjelasannya, berikut ini merupakan tutorial cara membuat menu page di wordpress
  • Pastikan kamu sudah memiliki plugin page links to. Kalo tidak punya kamu bisa mendownloadnya di sini
  • Langkah berikutnya menginstall plugin page links to dan mengaktifkannya. Bagi yang tidak tahu cara menginstall wordpress plugin bisa membaca posting dengan judul instalasi wordpress plugin.
  • Langkah berikutnya klik menu page seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah ini
Menu Page Wordpress Membuat Menu Page di Wordpress
  • Pilih sub menu add new di menu page. Isikan judul halaman yang akan ditampilkan di bawah tulisan Add New Page. untuk lebih jelasnya coba lihat gambar dibawah ini
Tempat mengisi judul halaman wordpress 300x45 Membuat Menu Page di Wordpress
  • Langkah terakhir adalah membuat link ke situs yang hendak dituju, dengan mengisi di bagian page links to. Kamu dapat mencentang pilihan open this link in a new window untuk membuka window baru apabila menu page diklik. Untuk lebih jelasnya coba lihat gambar di bawah ini
Section Page Links to 300x61 Membuat Menu Page di Wordpress
  • Apabila lancar, maka menu page yang baru kamu buat akan muncul di posisi page wordpress. Letak posisi page wordpress pada umumnya ada di bagian atas. Berikut ini merupakan contoh hasil menu page yang saya buat.
Menu hasil plugin page links to 300x152 Membuat Menu Page di Wordpress

Cara menginstall wordpress plugin dan wordpress theme pada prinsipnya hampir sama. Berikut ini merupakan langkah demi langkah menginstall wordpress plugin.
  • Hal pertama kamu mesti menyiapkan plugin wordpress yang ingin diinstall. Kamu bisa membuat sendiri atau mendownload plugin gratis wordpress yang banyak tersedia di internet. Semuanya tergantung dari selera masing-masing user.
  • kalo kamu mendownload plugin dari internet, biasanya default filenya adalah .zip atau .rar. Langkah berikutnya tentu saja melakukan extract file.
  • Langkah ketiga adalah upload file tersebut ke directory /wp-content/plugins
  • Untuk mengecek apakah plugins sudah terdeteksi pada wordpress, Hal pertama tentu saja kamu harus login terlebih dahulu ke control panel wordpress. Setelah itu klik menu Plugins yang terletak disebelah kanan menu Settings. Lalu cari nama plugin yang sudah kamu upload tadi.
  • Biasanya plugin wordpress bisa diaktifkan dengan melakukan klik active disebelah kanan nama plugin yang mau diaktifkan.
Thanks... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates